charles gwathmey

Gwathmey House: Hunian Kecil Tiga Lantai dengan Konsep Mezanin


fasad selatan bangunan

Rumah yang sekaligus studio ini adalah proyek
hunian pertama Gwathmey milik orang tuanya yang berprofesi sebagai pelukis dan
fotografer. Di atas lahan datar seluas kurang lebih 4000 m2 (1 acre) Gwathmey diminta kedua orang
tuanya untuk mengerjakan proyek bangunan ini dari mendesain sampai pengerjaan dengan
dana yang terbatas. Gwathmey diberikan kebebasan oleh orang tuanya untuk
membuat rumah seperti yang diinginkannya sendiri. Orang tuanya hanya menitipkan
program ruang yang mereka butuhkan di dalam.
ruang makan dan balkon dilihat dari ruang keluarga 
pandangan dari balkon studio/ruang tidur

ruang keluarga dan dek teras dari arah ruang makan
Bagi Gwathmey membangun rumah ini memberikan
pelajaran padanya bahwa arsitektur itu tidak perlu (selalu) besar untuk memperoleh
rasa kehadiran ataupun kepuasan. Luas tapak bangunan ini hanya 1200 kaki
persegi (100 m2 lebih) berdiri menempati lahan datar dengan monumentalnya seperti
sebuah skluptural seni.

Pendekatan desain ruang pada rumah ini sangat
menarik, ruang-ruang utama di dalam rumah ini didesain melalui potongan
ketimbang dari denah. Justru manipulasi volumetrik dan penggambaran vertikal
lah yang membentuk dan mengartikulasikan ruang di dalam bangunan. Ruang-ruang bersama
seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur berada satu tingkat di atas untuk
mendapatkan pemandangan dan membangun suatu hubungan antara  tempat tinggal dan permukaan tanah yang di saat
itu merupakan suatu yang unik untuk sebuah arsitektur rumah modern di pedesaan.

aksonometri lantai tiga

Bangunan tambahan berupa studio di dekat
bangunan rumah tinggal memperkaya hubungan antar obyek bangunan di dalam tapak.
Bagian studio diambil dari bangunan rumah tinggal, namun mendudukkannya pada
sudut 45 derajat terhadap bangunan asal sehingga tercipta dinamika persepsi
antara sudut dan fasad. Dinamika lainnya yang terbangun dengan meletakkan dua
bangunan berdekatan terhadap tanah adalah dimana bangunan  rumah tinggal sangat menjangkar sementara
bangunan studio terasa ‘terlepas’ dan hampir terlihat bergerak. Rasa adanya
dualitas, harapan dan perubahan menambah dimensi keseluruhan komposisi yang
lebih jauh.

Kedua bangunan dibentuk dari bentuk-bentuk geometri
dasar dan minimal yang tampak dipahat dari sebuah volume yang padat ketimbang dibangun
dari bentuk tambahan atau rakitan bidang-bidang rata. Ketika bentuk ini dimanipulasi
menurut respon terhadap tapak, orientasi, program dan struktur, perpotongan
bentuk-bentuk ini ditentukan baik oleh erosi tanah atau cahaya alami atau oleh keduanya.

studio dan rumah tinggal (jauh) dari arah barat laut

sumber:
– gwathmey-siegel.com
– gwathmey siegel: form and counterform, yale university
– archdaily.com


Terimakasih telah membaca di Piool.com, semoga bermanfaat dan lihat juga di situs berkualitas dan paling populer Aopok.com, peluang bisnis online Topbisnisonline.com dan join di komunitas Topoin.com.


Comments

Paling Populer

To Top